NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca
dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan,
tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi,
antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak,
novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan
persamaan isi berita.
|
||
Menentukan
perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
|
||
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan
isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
|
||
2.
|
Menulis
dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang
bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas,
narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks
berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks
pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun,
dongeng, cerpen, dan drama.
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis
pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis
rangkuman.
|
||
Menulis
teks berita sesuai konteks Menulis slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis
iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis
teks pidato.
|
||
Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi
pantun.
|
||
Melengkapi
puisi.
|
||
Melengkapi
naskah drama.
|
Minggu, 10 Februari 2013
SKL UN SMP 2013 B. INDONESIA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar