Kamis, 14 Februari 2013

Mengapa Wanita Haid Cenderung Sensi ??

Sebagai perempuan, yg sering ditanya, dikomplain, dicurhati mengenai kecenderungan perempuan yg suka sensi di kala datang bulan, gw ingin memberikan sedikit gambaran, kenapa tragedi itu bisa terjadi... Yah walaupun bukan dr sudut pandang sains, tp dr sudut pandang sesama obyek penderita *apeuu*

Konon, ketika perempuan haid, ada semacam gangguan pada hormon, hingga menciptakan sebuah terms bernama PMS. Walaupun, banyak yg merasa alasan ini hanya sebuah 'alasan' belaka karena belum ada penjelasan sah dr para ilmuwan (tp, gw pun jg belum dengar adanya ilmuwan yg secara sah menyanggah). So I drop the case, biarkan para ilmuwan saja yg menjawab.


Kalo menurut gw, kenapa perempuan cenderung cranky di kala haid, itu karena:

1. Rasa ga nyaman yg luar biasa.
Dari hari2 sebelum haid pun, badan udah mulai berasa ga enak, ga nyaman, begah (kadang diikuti migren) udah kayak nenek2 kena gangguan pencernaan. Dan begitu haid dimulai, dengan gejala nenek2 itu belum hilang, malah ditambah rasa ga nyaman yg lebih ga parah lagi. Maaf, bukan maksud mau jorok ya, tp bayangin aja selama minimal 3 hari di bagian selangkangan selalu ada popok gondal gandul dengan sensasi rasa lembab dan 'becek'. Belom lg, utk bergerak jd ekstra hati2, karena lo ga mau si popok bergeser dan menimbulkan pulau2 merah di celana atau rok. (Oh, dan dihantui rasa takut tembus juga bukan perasaan yg enak dikonsumsi setiap hari)

Rasa nyaman di atas, masih belum seberapa. Itu cuma faktor minor saja. Yg juara adalah faktor ke 2

2. Rasa sakit yg luar biasa
Walaupun belum tentu semua perempuan ngerasain hal yg sama ya, kadang gejalanya beda2, tergantung badan si penderita.kalo dalam kasus gw, perut luar biasa sakitnya, kayak mules tp ga diare, belom lagi kadang2 di bagian (maaf) anunya suka ngilu kalo kebanyakan jalan, ditambah mulai dr punggung smp pinggang itu nyeri2 luar biasa. Dan kadang, seolah sakitnya belom cukup, migren pun ikut membantu derita gw.

Mungkin, penjelasan gw di atas dinilai lebay, atau sebatas pembelaan diri belaka. Tp coba bayangin deh kalo lo lagi sakit, demam, meriang, pusing, bawaannya ga enak kan? Rasanya bete kan? Risih kan? Apalagi kalo direbyekin, bawaannya mau ngomel kan? Dan sorry to say, beberapa org yg gw kenal (mau cewe ataupun cowo) itu yg namanya kalo lg sakit, cenderung jd cranky.

Jd sama aja kyk org lg sakit, dan sama aja kyk bayi yg terus nangis kalo lg demam. Karena rasanya ga nyaman dan sakit luar biasa.

Ada beberapa org yg gw kenal, diberkahi keberuntungan, tdk merasakan keluhan apapun di kala haid, udh gt ga banyak dan 3 hari udah tamat masa haidnya. Dan u know what, org2 ini jarang gw liat cranky kalo lg haid.

Jd kalo perempuan cranky di kala haid, mohon maklumnya yah. Karena sungguh, bukannya kami mau marah2, tp rasa ga enak ini bukan sesuatu yg enak 'dipiara' sampai 7 hari lamanya


sumber : http://nechan.multiply.com/journal/item/845/IMHO-kenapa-perempuan-cenderung-sensi-saat-haid?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

1 komentar:

  1. gue juga sama... pas lagi dapet,gue bt banget... bawaan nya sebel melulu... tapi kalo pas di candain keterlaluan doank,baru gue marah2... tapi kalo nggak ya biasa aja... haid itu emang sich kodrat seorang wanita,tapi haid itu bener2 bikin stress,bete banget ya... huh!!

    BalasHapus